Cara Partisi SD Card Untuk HP Android

Cara Partisi SD Card Untuk HP Android РMemori internal merupakan salah satu bagian terpenting dari hp android. Iya, bagaimana tidak ketika ada penambahan fitur atau untuk melakukan update, tentu akan sangat membutuhkan penambahan ruang simpan dari hp android. Sayangnya, dari sebagian besar perangkat android tidak memiliki memory internal yang cukup besar. Sehingga hal ini tentu menjadi masalah besar bagi pengguna android dan biasanya akan membuat hp android menjadi lemot karena memory terlalu penuh.

Cara Partisi SD Card Untuk HP Android

Lalu bagaimana cara mengatasu masalah tersebut?? Iyap, salah satu cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan cara partisi SD Card untuk menambah memory internal di hp android anda. Mengapa harus partisi SD Card?? Perlu kita ketahui bahwa SD Card berfungsi untuk membagi memory menjadi beberapa bagian yang nantinya sebagian memory tersebut bisa di gunakan untuk memory
internal. Dan setelah melakukan partisi anda bisa memindahkan semua atau sebagian aplikasi ke memory internal buatan tadi, dengan begitu memory internal akan semakin luas dan anda bisa mengintasl semua aplikasi yang anda inginkan.

Cara Partisi SD Card HP Android Tanpa PC

Cara pertama untuk partisi SD Card ini mungkin akan lebih mudah karena anda tidak perlu repot-rapot menggunakan PC untuk partisi. Iya, anda bisa langusng Partisi SD Card dengan menggunakan sebuah aplikasi android yang bisa anda dapatkan di Google Play Store. Aplikasi ini bernama Aparted.

Aplikasi Aparted ini akan membantu anda untuk melakukan partisi SD Card dengan mudah dan cepat. Namun sebelum melakukan partisi SD Card tanpa PC dengan menggunakan aplikasi aparted ini anda perlu melakukan beberapa persiapan seperti dibawah ini :

  1. HP Android anda haurs sudah di ROOT, jika belum anda bisa melakukan ROOT dengan mudah dengan membaca artikel terkait dengan cara root android tanpa PC ini
  2. Kemudian kapasitas SD Card yang ingin anda partisi ini minimal harus 4GB.
  3. Siapkan aplikasi utama yaitu android Patition Aparted yang juga bisa anda dapatkan secara gratis di Google Play Store atau Disini.

Nah, jika semua persiapan sudah lengkap, sekarang anda bisa melakukan partisi SD Card dengan Aparted. Tapi semua data yang ada pada SD Card anda, baru kemudian anda bisa mem-format SD Card anda tersebut. Atau jika anda tidak mau repot-repot, anda bisa membeli SD Card baru.

Baca Juga  Cara Cek Hard Disk Bad Sector

Untuk partisi SD Card dengan memory 4GB, 8GB, atau 16GB disini semuanya sama, tapi bedanya disini terletak pada pembagian memorinya saja. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan ikuti cara partisi SD Card dibawah ini dengan baik dan benar.

  • Silahkan format data Micro SD Card anda telebih dahulu. Caranya dengan masuk ke menu setting >> penyimpanan ?? lalu pilih erese external storage

Cara Partisi SD Card Untuk HP Android

  • Setelah format selesai, sekarang silahkan pilih Unmount SD Card

Cara Partisi SD Card Untuk HP Android

Selanjutnya sekarang anda bisa dengan aman melakukan partisi, berikut langkah-langkahnya :

  1. Silahkan buka aplikasi Aparted, pilih “Create” dan klik icon “+PLUS” sampai 3 kali. Icon disini berfungsi untuk membuat partisi SD Card anda
  2. Untuk partisi pertama silahkan ubah formatnya menjadi Fat32, partisi kedua menjadi Ext2 dan partisi ketika menjadi Swap

Cara Partisi SD Card Untuk HP Android

  1. Disini anda bisa mengatur kapasitas partisi sesuka hati dengan hanya menggeser scroll yang telah disediakan.
  2. Sebelumnya yang perlu anda perhatikan adalah untuk partisi pertama bentuk Fat32 silahkan beri ruang kapasitas yang paling besar. Saran kami gunakan memory sekitar 80 sampai 90 persen karena biasanya partisi pertama ini digunakan untuk memory eksternal yang digunakan untuk menyimpan foto, video dan lain-lain
  3. Untuk partisi kedua bentuk Ext2 memiliki fungsi sebagai memory internal
  4. Dan untuk partisi ketiga bentuk Swap ini berfungsi untuk membantu meringankan kinerja RAM. Untuk bentuk Swap ini tidak terlalu membutuhkan banyak ruang, karena dari Linux sudah disediakan space sebesar 100-500 MB saja.
  5. Nah, jika anda sudah membagi menjadi 3 bagian seperti diatas, sekarang silahkan tekan icon titik tiga yang ada dibagian atas, kemudian silahkan pilih “Terapkan Perubahan”.

Cara Partisi SD Card Untuk HP Android

  1. Setelah itu disana akan muncul peringatan data akan dihapus, silahkan pilih OK dan tunggu sampai proses selesai.
  2. Terakhir, silahkan Reboot hp android anda dan itu artinya SD Card anda telah berhasil di partisi.
Baca Juga  Game RPG Android Terbaik dan Terpopuler

Cara Partisi SD Card Untuk HP Android

Nah itulah langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk partisi SC Card. Sangat mudah bukan?? Dengan cara-cara diatas tentu anda bisa langsung mencobanya di hp android anda. Karena sudah banyak orang yang sudah berhasil mencoba partisi SD Card ini dengan menggunakan Aparted. Sekian dari kami selamat mencoba.