Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot

Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot – Siapa yang tidak ingin memiliki smartphone keluaran terbaru dengan spesifikasi yang membanggakan? Iya, apalagi smartphone tersebut merupakan buatan dari vendor ternama yang memang sudah tidak perlu diragukan lagi ketangguhannya. Namun meski demikian, setiap smartphone tentu memiliki batas masing-masing, apalagi jika smartphone tersebut telah digunakan selama beberapa tahun. Lambat laun smartphone tersebut pun akan mengalami banyak masalah yang salah satunya adalah fitur dan aplikasi yang mulai lemot akibat beberapa faktor.

Tidak hanya itu, hp yang lemot pun tidak hanya dirasakan oleh smartphone lama tapi bisa juga dirasakan oleh smartphone terbaru yang terkadang membuat kita merasa kesal karena hp tiba-tiba ngehang tanpa sebab yang bisa diakibatkan karena pemakaian yang berlebihan dan terbukanya beberapa fitur dan aplikasi secara bersamaan.

Untuk mengatasi rasa kecewa anda akibat hp android yang lemot, berikut akan kami sajikan untuk anda cara mengatasi hp android yang lemot yang tentunya bisa di akibatkan oleh beberapa faktor. Dan untuk lebih jelasnya berikut ulasannya :

Update Aplikasi dan Sistem Android Secara Berkala

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara mengatasi hp android yang lemot, memang sudah banyak sekali artikel yang membahas mengenai cara mengatasi hp android yang lemot yang salah satunya adalah dengan cara meng update aplikasi dan sistem android secara berkala. Namun perlu kita ketahui bahwa dengan cara tersebut menurut kami hasilnya adalah nihil.

Kenapa demikian?? Iya, alasan kenapa cara tersebut hasilnya nihil sebab setiap aplikasi android yang di update ke versi terbaru memiliki kapasitas atau ukuran file yang lebih besar dibandingkan dengan versi sebelumnya. Sehingga akan membuat penyimpanan ruang semakin sedikit dan membuat smartphone android anda semakin lemot. Berikut beberapa review dari beberapa orang yang sudah melakukan update aplikasi ke versi terbaru.

Baca Juga  Kumpulan Istilah dan Singkatan di BBM Terbaru Terlengkap

Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot

Ternyata cukup banyak orang yang kecewa setelah update aplikasi ke versi terbaru ya.. Iya, perlu kita ketahui bahwa untuk setiap smartphone android tentu memiliki kelemahan di beberapa titik. Untuk itu kita pun harus paham betul mengenai spesifikasi yang dimiliki oleh smartphone kita. Nah untuk menangulangi smartphone android yang lemot, berikut ulasannya secara lengkap untuk anda.

Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot

Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot

1. Identifikasi Masalah

Hal pertama yang harus di lakukan untuk mempercepat kinerja smartphone android adalah anda harus mencari tahu sebab lemotnya smartphone android anda. Apakah disebabkan oleh aplikasi yang dipasang terlalu banyak atau karena sistem androidnya?

Iya, disini keahlian dan ketelitian anda sangat dibutuhkan untuk mengidentifikasi smartphone anda agar performa smartphone android anda bisa kembali normal dan lancar seperti semula. Dan setelah anda mengetahui jenis permasalahannya, anda bisa lanjut ke solusi berikutnya.

2. Bersihkan Home Screen

Menggunakan Live Wallpaper memeng keren, namun perlu anda ketahui bahwa dengan menggunakan Live Wallpeper akan memakan banyak kapasitas RAM yang ada di smartphone android anda. Sehingga anda pun bisa menggunakan gambar yang statis untuk mengurangi pemakaian kapasitas RAM anda.

3. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

Untuk mengetasi smartphone android yang lemot, anda bisa meng uninstall aplikasi yang tidak terpakai, seperti penggunaan widget cuaca dan aplikasi lainnya. Iya, banyaknya aplikasi yang terpasang tentu akan memakan banyak sekali ruang penyimpanan sehingga akan sangat memungkinkan membuat smatrphone android anda menjadi lemot. Sehingga untuk mengatasinya anda perlu unisntall aplikasi yang tidak anda gunakan, dan alangkah baiknya jika anda hanya menginstall aplikasi yang benar-benar anda butuhkan bukan hanya sekedar untuk gaya saja.

Baca Juga  Cara Daftar Instagram / Cara Membuat Akun Instagram Terbaru

Apalagi untuk jenis OS android yang lebih tua seperti ginggerbread dan jellybean yang hanya memiliki kapasitas RAM yang pas – pasan dan pastinya akan membuat smartphone android anda semakin lemot.

Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot

4. Nonaktifkan Efek Animasi dan Transisi

Berbagai animasi layar dan efek transisi pada tampilan launcher memang terlihat indah dan menajubkan, namun perlu anda ketehui bahwa penggunaaan efek animasi ternyata membawa dampak yang cukup berat untuk kinerja smartphone android. Sehingga cara terbaik agar smartphone anda terhindar dari lemot adalah dengan menonaktifkan animasi layar dan efek transisi launcher yang anda gunakan.

Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot

Lalu, bagaimana cara me-nonaktifkan efek animasi dan efek transisi yang ada di smartphone android?

Untuk me-nonaktifkan efek animasi dan transisi keseluruahn di smartphone android anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Silahkan masuk ke menu pengaturan, gulir ke bawah dan silahkan pilih about phone.
  • Cari software information dan pilih nomor bentukan atau buitt number dan tekan tujuh kali sampai anda melihat Developer Option terlah diaktifkan.
  • Selanjutnya kembali ke menu pengaruran dan pilih opsi pengembang
  • Kemudian gulir ke bawah dan silahkan cari skala animasi jendela, set ke “OFF”
  • Kemudian silahkan tekan skala durasi animator dan set ke “OFF”

5. Install Aplikasi di Memori External

Mengingat banyaknya aplikasi dan fitur menarik yang tersedia di smartphone android tentu tidak sedikit dari kita yang ingin mencoba kehebatan dari aplikasi tersebut bukan? Namun sering kali kita lupa akan keterbatasan dari ruang penyimpanan dari smartphone kita.

Iya, tanpa kita sadari banyaknya aplikasi dan fitur yang telah kita download secara otomatis akan tersimpan di memori internal kita dan sedikit banyak akan mempengaruhi kinerja kecepatan perangkat android.

Baca Juga  Cara Logout / Sign Out BBM ID di Android, Blackberry & iPhone

Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot

Nah, untuk mengatasinya anda bisa mencoba memindahkan aplikasi yang telah anda download tersebut ke memory penyimpanan eksternal yang bisa anda tambahkan kedalam slot memory eksternal.Dengan begitu, memory internal dalam smartphone android anda bisa di optimalkan untuk kinerja smartphone anda.

6. Restart Smartphone Android Anda

Salah satu cara tercepat dan sederhana untuk mengatasi smartphone android yang lemot adalah dengan cara me-restart smartphone android anda.

Hanya dengan me-restart smartphone android anda bisa bekerja dengan normal. Kenapa bisa begitu? Iya, dengan restart, smartphone android anda secara otomatis akan membersihkan cache yang tersimpan dengan sendirinya. Selain itu secara otomatis juga akan menghentikan tugas yang berjalan di smartphone android anda. Dengan begitu smartphone anda bisa dengan cepat kembali normal dan tidak lemot.

Cara restart hp tentu sangatlah mudah, anda pun tentu pasti sudah tau. Iyap dengan cara menahan tombol power, pilih opsti Restart dan tekan tombol OK untuk konfirmasinya.

Cara ini bisa anda lakukan setelah mencoba beberapa cara di atas. Iya, cara ini adalah cara terakhir yang kami rasa sangat mudah dan manjur untuk dilakukan untuk menangulangi smartphone yang lemot.

Sampai disini dulu ya pembahasan kita mengenai cara mengatasi hp android yang lemot. Dari beberapa cara tersebut tentu bisa langsung anda praktekkan sendiri untuk smartphone android anda. Dari pembahasan kali ini, kami harapkan bisa memberikan manfaat dan bisa membantu anda untuk mengatasi kinerja smatphone android anda yang lemot. Sekian dari kami semoga bermanfaat.