Cara Mengatasi Smartphone Android Bootloop / Mati Sendiri

Cara Mengatasi Smartphone Android Bootloop / Mati Sendiri – Siapa yang tidak kenal dengan smartphone android? Iya hampir dari semua kalangan tentunya sudah menggenal dan bahkan hampir sebagian besar dari mereka sudah smartphone android. Smartphone android menjadi salah satu jenis smartphone yang sangat populer dan tercanggih saat ini. Bagaimana tidak, smartphone android ini menawarkan berbagai fitur menarik didalamnya. Akan tetpi untuk segala sesuatu itu tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Salah satu kekurangan yang sering kali dialami oleh smartphone android adalah smartphone android bootloop / mati sendiri.

Cara Mengatasi Smartphone Android Bootloop / Mati Sendiri

Pasalnya semakin canggih fitur, aplikasi dan game di dalam smartphone android, mengakibatkan kinerja prosesor dan RAM juga semakin diporsis untuk mengimbangi aktivitas tersebut. Sehingga sudah bukan rahasi lagi jika smartphone android sering mengalami Bootloop atau mati sendiri secara tiba-tiba. Sebetulnya smartphone android bootloop atau mati sendiri itu disebabkan banyak faktor yang salah satu nya adalah hp android tersebut terlalu panas, memory hp penuh dan yang lainnya. Nah, perlu anda ketahui juga bahwa bootloop ini juga terbagi menjadi 3 tingkatan yaitu bootloop ringan, sedang dan juga berat.

Lalu bagaimana cara mengatasi smartphone android bootloop / mati sendiri? Nah, buat anda yang sedang mencari solusinya, pas sekali karena pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi sedikit tentang cara mengatasi smartphone android bootloop / mati sendiri. Seperti apa cara-caranya? Langsung saja yuk kita simak bareng-bareng ulasannya berikut ini dengan baik.

Cara Mengatasi Smartphone Android Bootloop / Mati Sendiri

1. Hard Reset

Untuk mengatasi hp android bootloop / mati sendiri anda bisa melakukan hard reset. Hard reset ini bisa anda gunakan jika hp android anda mengalami bootloop ringan. Sehingga anda hanya perlu melepas baterai ketika hp dalam keadaan hidup. Hal ini bertujuan agar prosesor dan RAM menjadi dingin kembali setelah sebelumnya sudah berkerja keras. Selain itu biasanya masalah tersebut terjadi pada saat kita menggunakan hp untuk bermain game, browsing dalam waktu yang lam dan upload foto terlalu banyak untuk anda yang berjualan online.

Baca Juga  Cara Reset HP Android Agar Kembali Seperti Baru

2. Uninstall / hapus aplikasi yang mencurigai

Cara berikutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi smartphone android bootloop / mati sendiri adalah anda bisa mengecek satu persatu aplikasi pihak ketiga yang kita install dalam hp android tersebut. Biasanya hp android bootloop bisa juga disebabkan karena aplikasi yang kita install tersebut membawa malware atau virus. Sehingga akan membawa dampak buruk pada kinerja software maupun hardware hp android kita. Sehingga anda bisa menghapus aplikasi yang anda anggap mencurigakan membawa malware.

3. Meng-upgrade software

Cara selanjutnya adalah anda bisa meng-update software hp android anda secara berkala. Hal ini dimaksudkan agar sistem operasi android anda menjadi lebih fresh dengan pembaharuan sistem. Karena seperti yang saya alami, karena mengabaikan pemberitahuan tentang pembaharuan sistem operasi android, akhirnya hp android saya menjadi bootloop / mati sendiri secara tiba-tiba. Karena software dari hp android sudah jadul dan minta untuk di upgrade.

4. Reset Faktory

Nah, jika dari ketiga cara tersebut masih belum bisa mengatasi hp android yang bootloop / mati sendiri, maka solusi terkahirnya adalah mengembalikan smartphone ke kondisi awal lagi dengan cara reset factory.

Nah, itulah cara mengatasi smartphone android bootloop / mati sendiri yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat khususnya buat anda yang mencari solusi karena hp android anda mengalami bootloop. Sekian dari kami terimakasih.