Cara Mudah Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root

Cara Mudah Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root – Beberapa hari yang lalu, kami pernah membahas mengenai cara menghemat baterai android. Tapi sayangnya masih banyak sekali yang mengeluh masalah baterai android yang cepat sekali habis. Oleh karena itu disini kami ingin berbagi sedikt pengetahuan terkait dengan masalah baterai andropid yang cepat habis itu.

Mungkin dari anda sudah ada yang mencoba cara menghemat baterai android dengan cara yang sudah kami bagikan waktu itu, namun anda masih merasa bahwa kinerja baterai android anda mengalami penurunan yang sangat drastis, berarti disini anda sudah saatnya untuk melakukan kalibrasi baterai android anda.

Cara Mudah Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root

Apa sih kalibrasi baterai android itu? Bagaimana cara mengetahui apakah baterai android anda perlu di kalibrasi atau tidak? Dan bagaimana cara melakukannya?? Nah, disni nanti akan kami kupas secara tuntas terkait dengan beberapa hal tersebut. Langusng saja yuk, berikut ulasannya terkait dengan cara mudah kalibrasi baterai android tanpa root.

Pengertian Kalibrasi Baterai Android

Ada yang tau apa itu kalibrasi baterai android? Secara singkat kalibrasi baterai android merupakan salah satu sistem operasi android yang memiliki fitur yang disebut dengan baterai statistik yang akan melacak kapasitas baterai ketika terisi penuh atau kosong. Fitur ini memungkinkan OS untuk melacak tingkat persentase baterai saat ini pada hp android anda. Tapi kadang biasanya juga terkadang ada masalah sehingga fitur baterai statistik itu menampilkan data yang tidak nyata.

Dan yang tidak kalah penting adalah, sebelum memutuskan untuk melakukan kalibrasi baterai android, sebaiknya anda periksa terlebih dahulu kesehatan baterai android anda. Untuk memeriksa kesehatan baterai, anda bisa melepas baterai android anda dan memeriksanya apakah baterai anda menggelembung, retak atau ada kebocoran. Dan jika masalah tersebut tidak ada pada baterai android anda, maka anda bisa melakukan kalibrasi baterai android. Namun jika masalah tersebut ada pada baterai android anda, maka kami sarankan untuk mengganti baterai android anda.

Baca Juga  12 Daftar Game Android Terbaik dan Terpopuler

Karena akan percuma saja meskipun melakukan kalibrasi beberapa kali hasilnya pun akan tetap sama jika baterai android anda mengalami masalah seperti diatas. Satu hal lagi yang juga perlu diperhatian, jika anda baru saja memperbaharusi firmware, misalnya dari OS Kitkat ke Lolipop, hal ini pun juga bisa mempercepat habisnya data baterai android anda. Karena firmware baru yang lebih tinggi akan membutuhkan daya yang tinggi juga.

Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root

Langsung saja yuk kita kupas terkait dengan cara kalibrasi baterai android. Berikut langkah-langkahnya:

  • Hal pertama yang harus anda lakukan adalah, charge baterai android anda sampai penuh 100% dalam keadaan menyala
  • Setelah baterai android telah terisi penuh, silahkan matikan hp android anda.
  • Selanjutnya charge lagi hp android anda sampai penuh dalam keadaan mati. Dan jangan lupa untuk memperhatikan indikator pengisian baterai. Jika hp android anda telah di lengkapi dengan lampu LED, maka lampu tersebut akan berubah warna menjadi hijau jika telah terisi penuh.
  • Setelah penuh, silahkan nyalakan kembali hp android anda, dan charge kembali hingga penuh 100%
  • Kemudian silahkan gunakan hp android anda untuk melakukan browsing atau main game sampai hp android anda mati sendiri karena kehabisan baterai.
  • Nah, untuk langkah terakhirnya, silahkan charge kembali hp android anda dalam keadaan mati hingga penuh lagi. Ingat jangan di otak-atik dulu sebelum benar-benar penuh.
  • Setelah baterai telah terisi penuh, baru anda bisa menyalakan dan menggunakan hp android anda dengan normal.

Itulah cara yang bisa anda lakukan untuk kalibrasi android tanpa Root, sangat mudah bukan? Tapi perlu kita ingatkan kembali bahwa sangat tidak di anjurkan untuk melakukan proses tersebut secara berulang-ulang karena justru akan memperpendek umur baterai dan cepat rusak. Nah, anda bisa melakukannya sekali saja, jika dirasa baterai android anda bener-benar cepat habis. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

Baca Juga  11 Aplikasi Android Keren Terbaru