Cara Flash Install Ulang OS Android Dengan Mudah

Cara Flash Install Ulang OS Android Dengan Mudah – Seperti yang sudah pernah kita ulas sebelumnya, bahwa android merupakan salah satu sistem operasi yang sangat populer dan banyak digunakan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Android merupakan sistem operasi yang di buat oleh perusahaan software terbesar di dunia yaitu Google yang dibekali dengan berbagai macam fitur dan teknologi yang canggih dan menarik. Sehingga tidak heran, jika android menjadi sistem operasi yang saat ini banyak digunakan di smartphone. Namun, dari kelebihan yang dimiliki sistem operasi android ini, tentu juga ada kelemahannya. Terkadang sistem operasi android ini tiba-tiba berhenti, atau akan root jika terlalu banyak menyimpan foto, video atau aplikasi. Sehingga mengharuskan smartphone android anda harus di install ulang agar bisa kembali seperti semula.

Cara Flash Install Ulang OS Android Dengan Mudah

Nah bagi anda pengguna android yang merasa kebingungan untuk instal ulang smartphone androdi. Kali ini anda tidak perlu khawatir lagi, karena pada pembahasan kali ini akan kami sajikan cara flash install ulang OS Android dengan mudah dan cepat. Cara Install ulang OS Android ini memang terbilang cukup mudah, akan tetapi tidak sedikit orang yang belum mengetahui cara install ulang OS android ini.

Cara flash install ulang OS Android yang akan kami sajikan ini merupakan cara yang cukup mudah dan tidak memakan waktu yang lama sehingga anda bisa praktekkan sendiri untuk smatphone android anda. Nah, apabila anda ingin melakukan install ulang OS Android anda, sebaiknya ketika smartphone android anda sedang mengalama bootloop atau terkena virus saja. Penasaran bagaimana cara install ulang OS Android dengan mudah dan cepat? Langusng saja yuk simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga  Cara Mudah Log Out Akun Play Store Android

Cara Flash Install Ulang OS Android Dengan Mudah

1. Backup Data

Cara pertama yang harus anda lakukan untuk install ulang smartphone Android anda adalah melakukan backup data. Kenapa harus backup data? Backup data disini bertujuan untuk menyimpan semua data anda seperti foto, video, kontak, dokumen dan file penting lainnya. Iya, backup data dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan seperti kesalahan melakukan cara install OS Android atau pun lainnya. Nah, untuk melakukan bakcup data anda harus menggunakan beberapa aplikasi misalnya Potatoshare Recovery, ClockworkMod dan MIUI Recovery. Setelah itu anda harus merubah format menjadi ZIP. kemudian silahkan simpan pada slot microSD anda supaya lebih mudah dan aman.

2. Root Smartphone Android

Cara kedua yang harus anda lakukan untuk install ulang smartphone Android adalah Root smartphone android anda. Nah, buat smartphone anda yang belum root, anda bisa melakukan root terlebih dahulu agar proses install ulang android anda berjalan dengan lancar. Nah untuk root smartphone android anda bisa melakukan cara dibawah ini.

Cara Root Smartphone Android Dengan Mudah :

  • Pertama silahkan undu aplikasi Kingo Android Root di PC (Download Disini) kemudian silahkan install dan buka aplikasi root tersebut.
  • Selanjutnya silahkan anda aktifkan USB Debugging kemudian cari dan klik menu Setting >> About Phone >> Developer Option. Kemudian pilih “USB Debuggging“.
  • Kemudian silahkan hubungkan smartphone android anda ke perangkat komputer atau PC dengan memakai USB. Kemudian gunakan Kingo Android Root.
  • Setelah itu silahkan klik Root yang terdapat pada Kingo Android Root dan silahkan tunggu sampai proses root tersebut selesai.

Note : Cara Root tersebut tentu tidak perlu anda lakukan jika smartphone android anda sudah di Root.

Baca Juga  Cara Mengatasi Smartphone Android Bootloop / Mati Sendiri

3. Flash atau Install Ulang OS Android

Cara ketiga dimana cara ini adalah yang paling inti untuk melakukan Flash atau Install ulang OS android adalah :

  1. Pertama silahkan siapkan terlebih dahulu kostum ROM. Kostum ROM tidak semuanya sama. Jadi anda bisa mencari di Google untuk hasil yang sangat baik. Perlu anda ketahui bahwa kostum ROM yang akan anda gunakan sebaiknya kompatibel dengan device yang anda punya.
  2. Setelah menemukan kostum ROM terbaik, silahkan download kostum ROM tersebut dalam bentuk format ZIP pada perangkat PC atau Laptop anda. Kemudian pastikan terlebih dahulu bahwa format ZIP tersebut telah berhasil, karena untuk flash ROM ini akan melalui langkah-langkah yang sangat banyak sulit apabila tidak menggunakan format ZIP.
  3. Setelah itu silahkan hubungkan smartphone android anda pada perangkat PC atau laptop anda dengan menggunakan USB atau kabel data.
  4. Kemudian, silahkan pindahkan ROM yang lama pada perangkat PC atau laptop anda (Silahkan pastikan terlebih dahulu bahwa semua data berhasil di backup dengan baik) kemudian silahkan transfer ROM yang baru pada smartphone android anda.
  5. Selanjutnya, silahkan download aplikasi Quick Boot (Disini) kemudian install
  6. Setelah di install, silahkan aktifkan aplikasi Quick Boot tersebut dan anda pun akan melihat Tampilan Opsi dan silahkan tekan tombol “Recovery“. Dengan begitu, maka smartphone anda akan masuk pada Mode Recovery. Dan proses Flas atau install ulang android sudah dimulai.
  7. Setelah itu akan muncul tampilan Recovery, kemudian pilih menu “Choose Zip From SDcard
  8. Selanjutnya disitu nanti anda akan diminta untuk memiliki data atau file yang akan dimasukkan pada perangkat android anda. Jika sudah, maka anda akan dimina untuk melanjutkan program atau tidak. Apabila anda ingin melanjutkan, silahkan klik “YES
  9. Terakhir sistem akan bekerja untuk memindahkan file atau daya kedalam format ZIP pada ROM, kemudian silahkan klik “Reboot Sistem Now” maka sistem akan kembali seperti semula.
Baca Juga  Cara Cek Resi Barang JNE

Demikian ulasan yang dapat kami sajikan untuk anda terkait dengan cara install ulang OS android. Cukup mudah bukan? Dari cara tersebut anda bisa mempraktekkannya di smartphone android anda. Sekian dari kami semoga bermanfaat.