Cara Cek Laptop Bekas (Second) Sebelum Membeli

Cara Cek Laptop Bekas (Second) Sebelum Membeli – Untuk memiliki laptop baru tentu akan memerlukan budget yang tidak sedikit, untuk itu salah satu cara alternatif terbaiknya adalah dengan membeli laptop bekas. Akan tetapi membeli suatu barang yang statusnya sudah tangan kedua, maka ada banyak resiko yang mungkin terdapat pada laptop tersebut. Meskipun begitu sebenarnya cacat yang mungkin terjadi laptop second tersebut juga bergantung pada karakter pemaki laptoptersebut.

Jika sepintas pemiliknya kalem, apalagi jika perempuaan, seringnya kondisi laptop masih sangat bagus. Namun hal ini masih salah satu faktor saja. Bagi teman-teman yang merasa awam soal pengetahuan suatu perangkat maka akan sangat mudah sekali untuk di bohongi oleh beberapa oknum curang. Untuk itu pada kesempatan kali ini, akan kami uraikan mengenai artikel yang akan membahas Cara Cek Laptop Bekas sebelum kita membelinya.

Cara Cek Laptop Bekas (Second) Sebelum Membeli

Laptop memiliki bagian-bagian yang masing-masing memiliki peranan yang sangat penting. Salah satu bagian yang paling gampang untuk dilihat apakah laptop bekas tersebut masih layak atau tidak adalah LCD ataupun LED yang dipergunakan, coba perhatikan kondisi fisik layarnya, apakah ada dot pixelnya atau tidak. Mengenai permasalahan dot pixel ada beberapa cara yang dapat dipergunakan salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Komponen berikutnya yang paling penting juga kita ketahui kesehatannya adalah harddisk. Harddisk merupakan komponen yang sangat rawan terhadap benturan. Maka dari itu kemungkinan masalah yang terjadi dalam harddisk adalah badsector. salah satu cara mengecek bad sector pada harddisk laptop yang dapat anda coba yaitu dengan menggunakan perintah CMD (command Prompt), untuk membuka CMD cukup dengan menggunakan tombol shortcut windows + R. Kemudian didalam kotak dialog ketikan perintah CHKDSK, dan tunggu sampai proses selesai.

Baca Juga  Cara Cek IMEI HP Asli Atau Palsu

Cara cek laptop bekas yang juga tidak kalah penting adalah mengecek putaran kipas processor. Komponen tersebut merupakan alat hardware yang berfungsi untuk menurunkan hawa panas pada processor. ciri-ciri kipas yang masih baik adalah putarannya tidak memiliki suara bising. Laptop bekas sangatlah rawan mengalami kipas macet karena hal ini disebabkan oleh debu-debu yang terlalu menumpuk, kemudian debu-debu itulah lama kelamaan akan membuat perputaran kipas menjadi melambat dan bahkan berhenti total. Jika kipas prcessor berhenti, akan menyebabkan overhead yang berlebihan dan menyebabkan laptop mati mendadak.

Terakhir tips sebelum membeli laptop bekas, sebaiknya periksa brand yang dipergunakan. Memang hal ini nampak sepele, akan tetapi fakta membuktikan brand-brand yang sudah terkenal memiliki pengaruh terhadap kualitas produk. Berikut beberapa brand yang memiliki posisi tawar terbaik, diantaranya sony vaio, asus, lenovo dan dell. Merk-merk tersebut rekam jejaknya sudah malang melintang di seluruh dunia. Mungkin cukup sekian tips dari kami mengenai cara cek laptop bekas sebelum membeli barang tersebut dan semoga seluruh tulisan ini dapat memberikan wawasan lebih mengenai ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan masalah teknologi dan informasi. Untuk informasi-informasi lainnya dapat juga anda cari dalam situs ini, sekian dan terima kasih.