Cara Cek CDI Motor

Cara Cek CDI Motor – CDI kepanjangan dari Capasitor Discharge Ignition merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk menyimpan arus listrik yang dihasilkan generator atau spul yang kemudian dilanjutkan ke coil sesudah memperoleh signal dari pulser. Mungkin anda sering mengalami sepeda motor anda mati mendadak atau mrebet saat di gas, itu berarti CDI nya bermasalah. Untuk itu, pengecekan CDI ini penting dilakukan bagi pengguna motor untuk mengetahui apakah CDI anda masih dalam keadaan bagus atau sudah rusak. Cara cek CDI motor masih jarang dilakukan oleh banyak orang karena belum mengetahui pentingnya CDI ini.

Sebelum melakukan cek pada CDI motor sebaiknya periksa dulu busi motor masih berfungsi dengan baik atau tidak. hal ini dapat dilihat dari busi tersebut masih memantikkan api atau tidak. jika busi yang anda cek tersebut mengeluarkan lentikan api, itu artinya anda harus mengganti busi yang baru. Jadi, bisa disimpulkan bahwa busi yang bagus adalah yang tidak mengeluarkan lentikkan api. Selanjutnya, jika pengecekan busi sudah selesai maka berlanjut ke CDI. Kesimpulan dari penjelasan ini, cek busi dahulu baru kemudian cara cek CDI motor.

Cara Cek CDI Motor

Cara Mudah Cek CDI Motor

Cara cek CDI motor biasanya menggunakan alat multitaster atau AVO meter. Terdapat dua kabel yang ada yaitu kabel merah dan hitam. Sambungkan kabel merah multitester ke kabel CDI yang mengarah ke coil sedangkan kabel hitam dihubungkan ke ground atau bodi motor. Pastikan selector multitester tersebut berada pada tegangan DC 250 Volt. Selanjutnya, perhatikan dengan baik apakah jarum yang ada pada multitester tersebut bergerak kearah kanan dan kiri. Jika ternyata jarum tidak bergerak maka dapat dipastikan CDI motor tersebut sudah rusak jika pulser dan spul nya masih bagus.

Baca Juga  Cara Cek Plat Nomor Kendaraan

Nah untuk memastikan spul dan pulser motor anda bagus, maka anda juga harus menggunakan multitester ini untuk mengeceknya. Sambungkan kabel merah ke arah pulser atau spul, sedangkan kabel hitam ke ground. Bila posisi pulser tersebut bergerak, maka dimungkinkan keadaan pulser masih bagus. Namun, sebelum ke arah pengecekan ini, posisikan selector multitester di 1 volt. Hal ini dikarenakan output pulser hanya berada pada kisaran 0,7 volt. Cara cek CDI motor, pulser dan spul sangat berhubungan satu sama lain.

Cara cek CDI motor tersebut bisa anda lakukan untuk mengecek keadaan CDI motor anda. Pengecekan semacam ini akan sangat berguna untuk kebaikan motor tersebut. bayangkan saja, jika sewaktu-waktu motor anda mati mendadak saat anda mengendarainya, maka tentu anda akan panik. Jadi lebih baiknya, ceklah CDI motor anda jika memang sudah waktunya di cek agar perjalanan anda bisa nyaman tanpa ada hambatan.